Minggu, 10 Maret 2013

Alat - Alat Bengkel

Alat - Alat Bengkel


Bagi seseorang yang memiliki usaha bengkel, baik itu bengkel sepeda motor maupun mobil, tentu sangat membutuhkan alat - alat bengkel untuk menunjang usahanya. Pada bengkel kecil tentu yang dibutuhkan hanya alat - alat bengkel yang sifatnya dasar saja. Lain halnya dengan bengkel besar apalagi bengkel yang milih salah satu merk sepeda motor atau mobil yang ada di Indonesia tentu saja alat - alat bengkelnya lebih lengkap dan canggih.
 
Berikut ini adalah alat - alat bengkel yang biasa terdapat di bengkel mobil / motor langganan kita:
 
# KOMPRESOR
 
 
 
 
Baik bengkel besar maupun kecil pasti memiliki alat ini. Fungsi dari alat ini juga bermacam - macam. Mulai dari hanya sebagai penambah angin pada ban sampai pada fungsi yang lebih kompleks lainnya. Ukuran serta kapasitas dari kompresor ini bermacam - macam.
 
# KUNCI INGGRIS DAN TOOLS LAINNYA
 
 
 
 
 
Tools berupa aneka ukuran kunci Inggris serta tang dan mata kunci juga mutlak harus dimiliki bengkel. Tanpa alat - alat ini bisa dipastikan kerja dari bengkel tersebut tidak maksimal. 
 
# KLEM
 
 
 
 
 
Fungsi dari klem adalah untuk menjaga supaya benda yang sedang diperbaiki tetap pada tempatnya. Ukuran klem bermacam - macam. Begitu juga dengan bentuknya.
 
# SPRAY GUN
 
 
 
 
 
Spray gun ukuran besar biasanya terhubung dengan kompresor. Namun di pasaran juga tersedia handy spray gun ukuran kecil yang digunakan untuk keperluan tertentu. Spray gun ini pada bengkel modifikasi biasanya digunakan untuk keperluan air brush. Sedangkan pada bengkel umum biasanya spray gun digunakan untuk membersihkan komponen - komponen mesin
 
# MESIN LAS & PERLENGKAPANNYA
 
 
 
 
 
Alat bengkel jenis ini biasanya dimiliki oleh bengkel - bengkel besar. Jenis dari mesin las juga bermacam - macam yang bisa disesuaikan dengan keperluan. Pekerja yang melakukan pekerjaan pengelasan seharusnya selama bekerja dilengkapi dengan minimal kacamata dan sarung tangan. 
 
# DONGKRAK
 
 
 
 
 
Baik dongkrak hidrolik maupun dongkrak manual mutlak diperlukan terutama pada bengkel mobil. Alat ini berfungsi untuk menahan tinggi benda pada ketinggian tertentu sehingga memudahkan pengerjaan bagian bawah mobil. Walaupun pada dasarnya setiap mobil (terutama mobil - mobil keluaran terbaru) telah dilengkapi dengan alat ini, namun jenis alat ini juga merupakan alat basic yang harus dimiliki oleh setiap bengkel mobil
 
sumber : http://carapedia.com/alat_alat_bengkel_info2379.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar